Public Speaking

3 Teknik Ampuh mengatasi Demam Panggung (Nervous)


Nervous atau gugup sering kali muncul ketika berhadapan dengan seseorang atau banyak orang.
Nervous tidak bisa dihilangkan , akan tetapi bisa di minimalisir agar tidak berlebihan dalam Nervous.
berikut saya berikan 3 teknik ampuh untuk mengurangi nervous saat bertemu dengan orang atau berbicara di depan panggung.

1. Merubah Kondisi gerakan.

hampir kebanyakan orang nervous  (gugup) akan berakhir dengan merubahnya suhu badan pada salah satu organ tubuh, Tangan salah satunya.
Jika Nervous sudah melanda, maka apa yang sudah disiapkan akan susah untuk diungkapkan bahkan mengihilang dari otak kita, seperti amnesia sesaat. dalam hal ini maka rubah gerak, agar suhu badan menjadi stabil bahkan hangat, ini yang saya sering lakukan ketika nervous berbicara di ratusan orang.
bagaimana merubah geraknya? cukup simpel, salah satunya adalah anda bisa berjalan-jalan sambil menggerak-gerakkan beberapa organ tubuh, rasakan sampai tubuh anda menjadi hangat.

2. Menggunakan Visualisasi.

otak manusia dengan begitu canggihnya bisa menjangkau kejadian yang dahulu, sekarang ataupun yang belum terjadi. cukup dengan menvisualisasikan atau mengimajinasikan maka Nervous akan berkurang dan percaya diri anda akan meningkat, contoh kecilnya, ketika anda sebelum naik kepanggung  atau bertemu orang, imajinasikan bahwa acara ini ataupun pertemuan ini sukses besar. atau mungkin dengan menggunakan teknik "Anchor" yakni Jangkar. recall lah memori terdahulu yang membuat anda semangat, mungkin anda medapatkan penghargaan, atau mendapatkan ucapan selamat dari teman-teman anda, jadikan nyata dalam imajinasi anda, dan rasakan ada perubahan dalam tubuh anda.

3. Gunakan Rapport Untuk pelengkapnya.

Ini yang belum disadari kebanyakan orang, jika saya jadi pembicara dalam satu seminar yang audiensnya para tokoh masyarakat, saya ajak minimal satu orang untuk berbicara dengan saya, dengan bertujuan membangun Image sebelum tampil, karena ketika salah satu orang sudah tertarik dengan kita, pasti akan ada orang berikutnya yang akan tertarik dengan kita. Ingat sekali lagi sebelum tampil dipanggung, ajak dari salah satu mereka untuk berbicara.

Berikut Testimoni dari salah satu peserta training.

gambar diambil dari chattingan facebook.

Semoga bermanfaat, 


About Afrizal

4 comments:

  1. Kadang kalau nervous suka lupa ngajak ngobrol salah satu audiens atau buat jalan-jalan. Well noted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener teh efi fitriyyah, banyak macam yang ditimbukan dari nervous itu. semoga bermanfaat artikelnya

      Delete
  2. saya suka nervous nih saat jadi imam solat maghrib, isya dan subuh hmmm kenapa yah

    ReplyDelete
  3. Hallo DILAN DESWARA...Terimakasih sudah membaca artikel ini.
    baik saya akan mencoba memjawabnya.

    jika Nervous ketika menjadi imam pada sholat sholat tertentu, itu dikarnakan
    1. Anda tidak pede dengan bacaan ayat quran yang anda lantunkan, karena takut salah atau belum faseh dalam membaca al quran
    2. ketika anda mengimami orang yang lebih paham agama dan lebih tartil membaca quranya, itu bisa jadi nervous, karena anda menganggap ma'mum anda lebih hebat dari pada anda.

    TIPS...
    1. Cobalah tenang, dan dihayati dalam membaca al quran, karena ketika penghayatan itu muncul maka langgem atau nada dari al quran itu akan keluar dengan sendirinya tanpa dibuat buat.

    Terimakasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1