Mind Mapping untuk menulis artikel - Afrizal
News Update
Loading...

Saturday, 14 May 2016

Mind Mapping untuk menulis artikel



setiap penulis pemula pasti akan bingung apa yang mau ditulis, atau ada kondisi dimana sudah punya ide untuk nulis tetapi ketika didepan laptop bingung juga harus bermula dari mana. 
sedikit sharing untuk teman-teman semuanya, teknik ini sudah saya praktekkan dan ternyata ampuh untuk bisa memulai menulis.

Perkenalkan, teknik yang ampuh untuk menangkal kebingungan saat nulis adalah " MIND MAPPING " atau dikenal dengan peta pemikiran. lantas bagaimana caranya menggunakan Mind Mapping ini?

1. buatlah titik centralnya terlebih dahulu, saya akan memberikan contoh artikel tentang "Kepemimpinan" menggunakan Mind Mapping, coba lihat gambar dibawah ini.

titik tengah bertulisan Kepemimpinan. iya..itulah titik central pada mind mapping, jika anda ingin membuat artikel maka harus tau apa topik utamanya.

2. jika sudah buat titik centralnya, maka selanjutnya adalah membuat sub menu pada titik central, sebagai contoh dari artikel Kepemimpinan adalah
sub menu dari kepemimpinan - TUGAS, - IDE BAGUS, - KEPRIBADIAN dan - MENYELESAIKAN MASALAH, jika gambar diatas kurang jelas, berikut saya jelaskan urutan urutanya, mulai dari pojok atas adalah tugas, yang ada gambar seperti jam itu adalah ide bagus, selanjutnya ada kepribadian dan yang terakhir ada menyelesaikan masalah, pokoknya alur seperti arah jarum jam.

3. jika sub menu dari titik central sudah di buat, maka langkah selanjutny adalah membuat sub menu kembali pada bagian sub menu titik central. sebagai contoh,
TUGAS sub menunya ada MEMBINA, MENUMBUHKAN POTENSI dan MEMBERIKAN CONTOH ,begitupun dengan KEPRIBADIAN (JUJUR, DAPAT DIPERCAYA, ROYAL, PEMAAF dan BERTANGGUNG JAWAB) dan yang terakhir ada MENYELESAIKAN MASALAH (WIN WIN SOLUTION).
nah jika mind mapping sudah terbentuk seperti gambar diatas, barulah langkah selanjutnya adalah membuat tulisanya. tapi yang harus anda ingat adalah membuat tulisanya juga harus beruurutan, mulai dari apa pengertian pemimpin, menurut para ahli dan sebagainya, barulah masuk kemenu sub menu pada titik central.

CONTOH Tulisan

William G Scott mengatakan kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktifitas yang diorganisir dalam satu kelompok dalam usahanya untuk mencapai satu tujuan. ketika berbicara kepemimpinan berarti ada satu orang yang memimpin dalam satu kelompok, dan satu orang tersebut harus memiliki beberapa komponen sebagai berikut.
1. pemimpin harus tau tugas-tugasnya, yang perlu dingat pemimpin berbeda dengan manager
2. pemimpin harus punya Ide Bagus
3. Pemimpin harus Mempunyai kepribadian yang bagus dan
4. pemimpin harus bisa menyelesaikan masalah dengan Win win solution.

nah para pembaca, itulah sedikit contoh tulisannya, selanjutnya anda bisa improve sendiri sesuka hati.





Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done