Public Speaking

Kenapa setiap Presentasi di depan kelas GUGUP dan berujung STRES?



Hallo semuanya, baru muncul lagi sudah sekian lama tidak berbagi ilmu melalui tulisan, kali ini saya akan berbagi ilmu tentang "Kenapa sih setiap presentasi didepan kelas kok selalu gugup dan berujung STRESS?".

artikel ini saya buat khusus untuk para pelajar yang selalu mendapatkan tugas presentasi dari sekolah, ataupun kampusnya. saya yakin anda sebagai pelajar mengalami yang namanya demam panggung pada saat presentasi dan yang akhirnya berujung pada stress.

maka dari itu simak, ulasan saya tentang fenomena yang selalu di alami oleh para pelajar.
yang pertama, kenapa setiap presentasi di depan kelas selalu gugup adalah LUPA BERDOA & kurangnya PENGUASAAN MATERI! loh kok bisa? ahh kang afrizal sok tau nih! Sssttt....jangan komen dulu, baca sampai habis, jangan dibiasakan langsung komen kalau sebelum membaca sampai habis.

saya pernah mengalami gugup saat presentasi dikelas tepatnya pada waktu presentasi tugas kuliah, padahal kalau dibilang ngomong didepan umum sudah biasa, lah gimana tidak, wong sewaktu di Sekolah Menengah Atas setiap hari jumat pagi saya masuk ke kelas kelas untuk narikin infaq kok, masa masih gugup! ditambah waktu SMA saya sering dapat jadwal kultum. setelah saya cari tau kenapa saya gugup pada saat presentasi di kampus, ternyata jawabanya adalah SOMBONGnya saya mengakibatkan LUPANYA BERDOA & KURANG PENGUASAAN MATERI!.lho dapat analisis kaya gitu dari mana? gini, waktu presentasi tugas pertama dan dengan matakuliah tertentu saya gugup, karena memang saya tergesah gesah dan lupa berdoa ditambah belum belajar, nah pas mau presentasi yang kedua dengan matakuliah berbeda, saya belajar dan mencoba memahami materinya, selanjutnya ketika sebelum presentasi dimulai saya berdoa (semoga dilancarkan lisan ini dan dimudahkan untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang nanti dilontarkan dari teman teman) ternyata didepan kelas saya tidak gugup, bahkan menjawab pertanyaan dari teman teman lancar lancar aja.

contoh selanjutnya, ini terjadi sama teman satu kampus, ketika pertama kali bertemu dan presentasi, itu orang gugupnya luar biasa. kedua kalinya tetap gugup juga, ketiga kali masih gugup juga, terus itu orang yang satu kelas dengan saya konsultasi, beliau bertanya "Zal gimana ya kok saya gugup terus kalau didepan kelas"?. saya balik nanya "Ente udah doa belum, sebelum presentasi didepan"? eh dia malah nyengir sembari bilang "BELUM"! hadeuuhhh, dalam hati berbicara "Empek Empek campur sayur lodeh..CUAPPEKK DUEHH"!INGAT kawan, yang punya lisan itu Robb semesta alam, yang menggerakan bibir dan lidah itu Raja semesta alam, gimana mau lancar , wong minta sama yang punyanya aja gak pernah. yang namanya presentasi dikelas, kalaupun gak  menguasai materi 100% yang penting jago ngacapruk (Nacapruk dari bahasa sunda yang artinya ngomong). ditambah ini teman saya gak menguasai materi sedikitpun.

Tips dari saya untuk presentasi didepan.

ini yang saya lakukan terus menerus, ketika mengisi training, hal pertama kali yang saya lakukan adalah berdoa, dan istighfar!! karena saya percaya, ketika kata kata keluar dari hati seseorang yang bersih maka akan lebih terasa dan lebih mudah dipahami oleh audiens

yang kedua kenapa orang gugup saat presentasi di depan kelas?, orang yang gugup saat presentasi didepan kelas biasanya minder! lho maksudnya?, begini saya berikan contoh yang real, biar saya tidak dikatakan "cuma ngomong doang atau omong kosong"!

ada teman satu kelas saya, ketika mau presentasi teman saya mengatakan ke saya "Wah ada si A (sebut saja nama orangnya A), dia mah kalau nanya pasti susah! nah percaya atau tidak, orang yang berkata seperti itu pasti sudah kena psikologinya alias minder, gugup! kalau diawal sudah minder, pasti maju presentasi kedepanmu gak akan bener, sintom yang muncul antara lain, keringat dingin, jatung berdetak lebih h cepat, lupa apa yang di omongin, kalau ngomong terbatah batah.

Bagaiman kedua yang saya jelaskan diatas masuk akal atau dapat diterima dengan anda?
jika bermanfaat Tolong share keteman anda, siapa tau membutuhkan.

untuk cara penangananya, tunggu artikel berikutnya, insya allah saya akan membahas lebih lanjut!

About Afrizal

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1