Motivasi

Bermodal 500.000 menjadi seorang Trainer, Terapis dan Penulis



            Berawal dari berifikir keras yang ujung-ujungnya menghasilkan kegalauan yang luar biasa. Bagaimana tidak, selama hampir 3,5 tahun saya kuliah tetapi tidak medapatkan apa-apa, yang didapat hanyalah cape tugas numpuk terus, uang keluar jutaan rupiah bahkan sering dibuat galau karena tugas-tugas kuliah.
Masih tersimpan dalam memori, pada waktu semester tujuh dan setelah usai menjabat sebagai wakil president BEM di kampus tercinta, sayapun sering menyendiri di ruangan BEM yang hanya di temani oleh laptop. Tatapan mata yang kosong menandakan betapa galaunya saya ketika saat itu. Sudah dipenghujung perkuliahan namun tidak bisa dan mengerti apa-apa tentang apa yang saya pelajari di dunia perkuliahan. Mungkin tuhan lebih mengetahui apa yang saya butuhkan, makanya Tuhan berikan jalan lain yakni, dengan menjadi seorang terapis! Lho kok bisa, bagaimana caranya? Dari seorang yang menimba ilmu berhubungan dengan Teknologi menjadi seorang Trainer sekaligus terapis?. Seperti ini ceritanya
            Ketika saya lagi terdiam di ruangan bem dan hanya klak klik mouse komputer, entah kenapa tiba-tiba tangan saya mengetik “Youtube” pada tab browser. Dan entah kenapa juga yang muncul adalah video pertunjukan Hipnosis.
Saya masih ingat sekali, yang saya buka adalah chanel bapak Rudi Hernanda, yang sekarang dikenal sebagai “Master of inner Power Management”.  Saya melihat permainan hipnosis beliau dalam videonya, dan wooww..saya langsung kagum. Self Talk “sepertinya saya harus coba ilmu ini”. Otak memerintahkan untuk mencatat nomor yang bersangkutan dan menghubunginya detik itu juga.
Saya memulai mengirim short message service (sms) dengan bertulisan
               : “ Selamat sore, benar ini dengan bapak Rudi Hernanda praktisi Hipnosis?”
Pak Rudi : “ Iya benar, ada yang bisa saya bantu mas?
Saya        : “ Saya afrizal pak dari bandung, saya tertarik dengan Hipnosis, rencana saya mau  
                    belajar dengan pak rudi jika diperkenankan!
Pak Rudi : “ Boleh Mas Afrizal dengan senang hati saya akan mengajarkan mas”
Saya       : “ Untuk harga, kalau boleh saya tau berapa ya pak? Terus trainingnya berapa jam?”
Pak Rudi : “ Untuk harga Training 500.000 untuk 9 jam Training mas Afrizal”
Krik..Krik..Krik, terdiam dan Galau lagi! Why? Ya jelas dong, uang saku saya aja selama sebulan hanya di kasih 800.000 itupun sudah sama kos-kosan. Harga kos-kosan pada waktu itu 350.000/ bulan, berarti uang jajan saya tinggal berapa? Yups hanya tinggal 450.000/bulan hidup dikota bandung tercinta! Cukup gak untuk bayar pelatihan Hipnosis? Jelas tidak dong, kurang 50.000 lagi. Saya yakinkan diri pasti bisa ikut dan harus ikut, saya pun membalas sms dari pak rudi dengan kata-kata penutup “ Baik pak rudi besok saya akan transfer”, sedangkan training dua hari lagi
Yakin ikut…Yakin bisa…Yakin dapat Uang. Itu yang saya sebut terus. Dan ternyata Tuhan pun mendengar doa saya yang sedang Galau. Tiba-tiba Handphone berbunyi, panggilan dari Team Marketing Kampus. Oh ya saya lupa bercerita, pada waktu itu saya ikut dalam marketing kampus untuk mencari calon mahasiswa baru. Pak Fajar adalah ketua team marketing kampus pada waktu itu, dengan gaya bahasanya yang tidak pernah serius, memberitahukan saya besok ada jadwal untuk berkunjung di salah satu sekolah yang berada di bandung. Oke siap saya berkata.
Pas, pas banget uangnya jadi 500.000, nah yang jadi permasalahanya adalah, ongkos untuk kejakarta pake apa? Karena Training diadakan di rumah kediaman bapak rudi di Jakarta selatan. Yah..terpaksa minjem kesalah satu teman dekat, ongkos bandung-jakarta pada waktu itu hanya 45.000, saya meminjam uang 50.000 ke teman, berarti sisa 5.000, sisa uang saya berikan pocari sweat untuk menemani 3 jam perjalanan.
Dan kagetnya, ternyata keesokan harinya saya bersama team marketing berkunjung ke sekolah yang diluar kota bandung, Sumedang lah kota tujuan kami. Berangkat pagi buta agar tidak terjebak macet di bandung dan sekitarnya, selesai marketing kampus saya dan team tidak langusng beranjak kembali ke bandung. Pergi mengunjungin rumah nenek salah satu team marketing kami yang pada waktu itu kebetulan ia ikut marketing. Alhamdulillah pasokan makanan penuh, perut kenyang, jadi bisa ngeganjal 3 jam kedepan selama perjalanan. Karena sesampai dirumah nenek salah satu team training, makanan tersaji. Ngobrol sana sini tidak tau arahnya, ketawa, ya…itulah kami, selepas menajalankan tugas yang begitu berat.
 Jam 16.00 kami memutuskan untuk beranjak pulang ke bandung, dan sebelum pulang saya sempatkan beli pocari sweat dengan sisa uang 5.000 tadi.
Saya berpesan dengan semua anggota team pada waktu di perjalanan (dalam mobil), “Ingatkan saya ya, ini minuman untuk perjalanan ke Jakarta”.
Jarak tempuh dari sumedang menuju terminal cileunyi satu jam tiga puluh menit, jadi pas sampai di terminal hampir magrib, dengan terburu-burunya saya keluar dari mobil dan pamit kesemua team marketing, saya meninggalkan mobil kampus menuju travel, menuju ke luewi panjang. Baru beberapa menit duduk di travel teringat, pocari sweat ketinggal! Amsyiong…bener..bener Amsyiong. Terpaksa menahan minum selama 3 jam perjalanan, dan you Know apa yang terjadi? Jakarta macet total ada perbaikan jalan, yang tadinya dari bandung menuju Tanjung Priok tiga jam, ini di tempuh dalam waktu enam jam.
            Saya persingkat aja ya, soalnya kalau saya ceritakan selama perjalanan enam jam bisa-bisa tebal buku ini, habis dengan cerita “Bermodal 500.000 ribu menjadi seorang terapis, trainer dan penulis” hehe. Sampailah pas jam 24.00 di terminal Tanjung Priok. Jemputan dari kaka ternyata sudah menunggu dari lima belas menit yang lalu. Sesampai dirumah kaka, langsung tidur dan berharap besok akan berjalan dengan lancar.lampu kamar dimatika, tarik selimut dan tidur.
Berisiknya suara ayam menunjukan pagi sudah hampir tiba, bersiap-siap untuk Training. Berangkat dari rumah jam 08.00 dengan estimasi waktu satu jam sudah sampai, ternyata Amsyiong lagi, hampir dua jam perjalanan, You know lah ,Jakarta macetnya bagaimana! Jam 10.00 sampai dan acara ternyata sudah dimulai. Sambutan yang hangat dari pak rudi membuat saya jadi malu sendiri, karena terlambat. Step by step, perlahan-lahan namun pasti pak rudi menjelaskan materi tariningnya.
 Materi yang sangat keren kalau saya bilang, why? Karena dibahas secara rinci. Mulai dari jam 10.00 sampai dengan 21.00 WIB, Training ini ndak kerasa.
Jam 21.30 Akhirnya pulang kembali kerumah kaka dan pamit kepada pak rudi, karena keesokan hari saya harus berangkat lagi menuju bandung, kali ini pulang saya dengan tersenyum lebar, karena Tuhan ngasih lagi pertolongan dengan memberikan rezeki berbentuk Uang melalui kaka saya. 50.000 untuk ongkos balik. Akhirnya lega, ada ongkos dan membawa ilmu yang siap di praktekkan di bandung.
Tapi tunggu dulu, masih ada yang mengganjal, dan hal ini yang membuat saya juga galau. You Know? Sebelum pulang pak rudi berpesan kepada semua anggotanya, kita akan mengadakan bimbingan seminggu sekali di sini pada malam minggu, dan anggota yang baru wajib datang untuk dibimbing sampai bisa. Hmm…kebayang saya harus mengeluarkan uang sebulan 400.000 untuk 4 kali pulang pergi dari bandung ke Jakarta selama satu bulan. Sedangkan uang saku saya sebulan aja tersisa 450.000. ahh tidak saya pikirkan, gimana nanti, saya pasti bisa kok praktek di bandung sendirian (Meyakinkan diri, dan menghibur diri).
            Bandung….!saya akan kembali dan membawa ilmu baru yang masih jarang orang punya (Berkata dalam diri, sembari duduk di bis dalam perjalanan).
Sesampai dikosan, yang pertama saya buka adalah modul! Iya modul yang saya dapat dari Training hypnosis. Saya baca berulang-ulang agar lebih memahami apa yang terdapat di modul.
Pas, lagi-lagi pas banget pertolongan Tuhan. Telpon berdering dan kembali bapak yang satu ini, yang juga dikenal ahli dalam marketing dan negosiasi menghubingi saya, anda Tau siapa dia? Pak fajar ketua dari team marketing kampus, memberikan informasi, besok ada jadwal untuk berkunjung kesekolah kembali. Mantapp, waktunya yang tepat untuk mempraktekkan ilmu hipnosis yang baru saya dapat didepan puluhan anak-anak SMA.
            Dipagi yang ceria, tanpa ada uang dan makanan tidak membuat saya galau, karena tertutup dengan rasa penasaran saya dengan ilmu yang baru didapat. Dalam perjalan menuju kesekolah yang dituju, saya umumkan kepada semua team marketing “Saya Mau maen sesuatu yang Keren, yang ngebuat kalian semua Heran dan Kagum”? serentak bertanya,”Apa itu?”. Jawaban yang rendah hati atu bingung atau juga deg deg gan (gagal atau berhasil) saya menjawab “Liat aja nanti”!. Perjalanan ditemput selama tiga puluh menit menggunakan mobil.
Sampailah disekolah, dan wow..dag dig dug duer..saya dikasih waktu tiga puluh menit untuk bermain di hadapan anak-anak SMA.
Yakin Bisa…Yakin Bisa, Yakin Terhipnotis salah satu dari mereka (Berbicara dalam diri, meyakinkan diri untuk Optimis).
Dengan pedenya saya menunjuk salah satu dari meraka maju kedepan panggung. Pemainan dimulai. Simpel permainanya, saya hanya mensugesti anak SMA yang bersama saya diatas panggung agar tanganya kanannya tidak dapat berfungsi dengan baik, bahkan saraf-saraf yang ada ditangan kananya seperti mati dan sudah tidak berfungsi lagi. Dan…dan…dan…sukses berat, benar-benar tangan kananya mati dan tidak bisa digerakan, sampai menangis itu anak SMA yang bersama saya diatas panggung. Satu ruangan sekaligus team marketing kagum habis dengan saya (yeee…sukses berat). Dan hari itu juga berita bahwa saya bisa menghipnotis tersebar di kampus tercinta.
            Apakah berhenti sampai disitu saya mencobanya? Tidak, saya hampir tiap hari mencoba hipnosis dan macam-macam teknik yang diajarkan dalam modul. Gagal dan berhasil selalu berdampingan.
Mulai Menulis dan Menjadi seorang Trainer Hipnosis
            Setelah berbulan-bulan saya mencoba, praktek hipnosis di lapangan, gagal dan berhasil selalu ada, hingga akhirnya saya mencoba untuk mengabadikan setiap moment ataupun event saya di salah satu blog pribadi saya. Dengan disiplin, pada waktu itu saya berhasil membuat blog saya menjadi peringkat ke tiga di google dengan keyword “Motivator bandung”, bagaimana tidak, karena selama tiga bulan itu saya menulis artikel sehari tiga artikel.
            Dan sampailah pada waktunya, Tuhan mempercayai saya untuk menjadi seorang public speaker atau trainer hipnosis di kalangan banyak orang. Berkat blog saya yang peringkat ke tiga di google, saya dapat job untuk bekerja sama dengan Event Organizer yang berada dijakarta yang bernama PEDE Group, untuk mengisi materi pengembangan setiap kali meraka ada event di bandung, Jakarta, bogor dan sekitarnya.
Dari sinilah nama saya mulai melejit dan dikenal banyak orang dengan brand “Master Hipnosis”. Saya mulai mengisi seminar-seminar yang diadakan oleh EO Jakarta, dengan audiens yang tidak tanggung-tanggung. Pernah pada waktu itu acara di bogor tepatnya di “3G Resort” saya menjadi pembicara di depan 500 audiens. Senang, sedih bahkan terharu dengan semua skenario Tuhan.
Yang dahulu saya selalu jadi bahan ejekan beberapa teman dikampus

Baca Kisah selanjutnya yang berkaitan dengan artikel ini "membangun lembaga Hipnoterapi dengan modal nekat" DISINI

About Afrizal

8 comments:

  1. pertamax diamankan gan

    www.dilandeswara.com

    ReplyDelete
  2. Wah andai Jakarta-Bandung sekarang ini bisa 1 jam pulang pergi, enak sekali.
    Ini tahun berapa yak kejadiannya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kejadian ditahun 2013 mas @ridha harwan

      Delete
  3. Hmmm, jadi tertarik pengen belajar hipnosis,... harganya masih 500rb kah? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah naik mas @OFI S. GUMELAR

      ilmunya selalu saya update karena selalu praktek dan nanganin pasien

      Delete
  4. jadi inget jaman2 saya belajar hynosis hypnotherapy :D 2011/2012. padahal di bandung tahun2 itu rame juga lho, bisa murah juga padahal, hehe.. tp takdirnya mas k jakarta ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ibu..takdirnya di jakarta, dan takdirnya juga belajar sendiri tanpa bimbingan intens

      Delete
    2. iya ibu..takdirnya di jakarta, dan takdirnya juga belajar sendiri tanpa bimbingan intens

      Delete

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1