Edit Submodality untuk mengurangi intensitas ketakutan terhadap kegelapan ! - Afrizal
News Update
Loading...

Wednesday, 28 March 2018

Edit Submodality untuk mengurangi intensitas ketakutan terhadap kegelapan !



Diartikel kali ini, saya akan mencoba sharing ilmu, bagaimana saya menangani kasus seorang perempuan yang amat sangat takut dengan suasa gelap, jika gelap pasti langsung sesak nafas dan keringat dingin keluar. Nah bagi kamu yang mengalami hal seperti ini, ataupun ada teman yang mengalami hal serupa, berikut saya berikan cara penanganannya.

Sebelum masuk ke inti, ada baiknya saya akan menjelaskan sedikit tentang Submodality. Sebenarnya submodality adalah materi yang sering dipelajari di ilmu Neuro Linguistic Programming atau yang lebih dikenal dengan NLP.

Setiap representasi mempunyai detil dan spesifik yang bisa dikenali dan dikelola. Visual misalnya mempunyai bentuk, warna, jarak, ketajaman gambar, dimensi (2D atau 3D), ukuran (besar/kecil), dll. Atau suara misalnya mempunyai tempo (cepat/lambat), jarak (jauh/dekat), stereo/mono, dll. Perasaan misalnya punya letak, panas/dingin, keras/lembut, dll.

Spesifik atau detil dari representasi tersebut disebut sebagai Submodality. Di NLP, dipelajari bagaimana merubah submodality sebuah pengalaman. Misalnya rasa takut, mempunyai visual yang bisa dievaluasi bentuknya, ukurannya, warna, kejelasan gambar, dll. Dan untuk mempengaruhi rasa takut, submodality-nya bisa diubah. Misalnya ketajaman gambarnya dikurangi, ukurannya diperkecil, jarak dijauhkan, dll.

Jadi kurang lebih seperti itulah Submodality. nah sekarang saya akan masuk ke intinya, bagaimana saya menangani kasus seorang perempuan yang amat sangat takut terhadap kegelapan.

Saya mencoba membawa klien masuk kedalam kondisi hipnosis, saya sangat beruntung, karena klien yang satu ini ternyata sangat mudah sekali masuk dalam kondisi hipnosis, tidak perlu menunggu waktu lama, hanya kurang dari 1 menit, klien sudah masuk kedalam kondisi hipnosis yang cukup dalam.

Seperti biasa, saya menggali akar permasalahan kenapa klien bisa sangat takut dengan kegelapan? Hingga akhirnya saya menemukan akar masalahnya, " Klien ketika sholat magrib dan dengan posisi ruku tak sengaja melihat bayangan hitam yang melintas dibelakangnya" hingga akhirnya  terjadi kepanikan yang cukup dahsyat. Apakah hanya itu? bukan? ini baru satu akar masalah, nah akar masalah berikutnya, ketika klien sedang sendirian dirumah dan listrik tiba tiba padam dan ruangan menjadi sangat gelap sekali, sehingga klien berteriak ketakukan karena efek penampakkan yang dilihat sebelumnya, dari sinilah akar masalahnya muncul.

Sebelumnya saya sudah sepakat dengan klien, bahwa saya meminta waktu 10-25 menit untuk mengurangis emosi negatifnya.

Saya mencoba mengedit submodality, saya suruh bayangkan klien bertemu dengan hantu pocong tapi menggunakan kafan berwarna merah jambu, dan mukannya seperti doraemon, ketika berjalan sepeti pinguin, saya suruh klien terus melihat dengan jelas, dengarkan suara seretan kakiknya berjalan dan lihat gaya berjalannya sepeti pingiun. Kamu tau apa yang terjadi? dalam kondisi hipnosis klien tertawa dan merasa lucu melihat hantu pocong yang ada di imajinasinya.

Ketika saya rasa sudah cukup menurunkan tingkat emosi negatifnya, saya membangunkan klien dari kondisi hipnosis dan seketika saya menyuruh klien menghidupkan lampu kosnya yang masih gelap karena lupa dihidupkan sebelum ditinggal pergi. dan kamu tau apa yang terjadi? klien ini biasa saja, tidak setakut pada awalnya, ketika saya tanya kepada klien apa yang dirasa ketika menghidupkan lampu rumahnya? klien menjawab rada sedikit takut, tapi tidak separah diawal.

Bagaimana menurut kalian? Silakan berikan tanggapan, atau ada yang ingin bertanya, silakan tinggalkan komentar dikolom komentar pada website.

Sebagai penutup ditulisan kai ini, saya ingin memberikan Quote untuk kaliansemua

" Pada Intinya setiap kejadian yang kita alami adalah NETRAL, yang membuat kita negatif dan positif adalah bagaimana kita mengambil sudut pandang pada setiap kejadian tersebut "

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done