Bagaimana menciptakan Rapport dalam sesi Konseling - Afrizal
News Update
Loading...

Wednesday, 23 May 2018

Bagaimana menciptakan Rapport dalam sesi Konseling


Bagi kamu para konselor ataupun para praktisi terapi membangun Rapport sangat dibutuhkan, bahkan bukan hanya untuk kepentingan terapi, dalam kepentingan apapun, seperti pertemanan, penjualan pasti akan sangat membutuhkan  Membangun Rapport.

Lalu apa sih sebenarnya Rapport itu?

Rapport berasal dari bahasa prancis yaitu rapporter yang artinya ‘hubungan dekat’. Rapport ini merupakan suatu kondisi di mana komunikasi yang berlangsung sudah sangat baik sekali, sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama antara kedua/ banyak pihak

Pada intinya, rapport itu bagaimana membangun suasana yang nyaman dalam berbicara, sehingga dari rasa kenyamanan inilah yang akan bisa kita manfaatkan dalam berbagai macam hal.

Didalam konseling, seorang konselor harus mampu menciptakan Rapport, Bagaimana caranya?

1. Empati

Pribadi konselor harusnya empati, merasakan apa yang dirasakan kliennya. Dia juga harus terbuka, menerima tanpa syarat, dan mempunyai rasa hormat dan menghargai. bagaimana empati itu muncul? penulis sendiri selalu melatih empati terhadap klien, jika saya sebagai seorang penulis sekaligus praktisi dalam terapi, ketika saya berhadapan dengan klien, mindset yang pertama kali saya munculkan adalah " Saya harus bisa menolong dan mengeluarkan dia dari permasalahnya ". Yang kamu harus tahu, Jangan sekali kali berfikir masalah UANG, karena itu bisa mematikan rasa empati mu terhadap klien. Uang itu akan mengikuti keterampilan kamu.

2. Membaca Prilaku

Seorang konselor haruslah juga mampu membaca perilaku nonverbal klien, terutama yang berhubungan dengan bahasa lisannya. Seorang konselor harus pandai menganalisis dari setiap perkataan yang dikeluarkan dan harus juga pandai menganalisis bahasa nonverbal.

3. Rasa kebersamaan

Adanya rasa kebersamaan, akrab, dan minat membantu tanpa pamrih. Artinya ada keikhlasan, kerelaan dan kejujuran pada diri konselor.


BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT " Kesalahan Fatal dalam membangun Rapport " di Link Berikut ini ==>> https://bit.ly/2s1Zx5r

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done