parenting

Akibat Bullying disekolah kini pemuda berumur 30 tahun ini merasakan dampaknya.



Belum lama ini saya mengunjungin Tempat " Bekasi Hipnoterapi Senter " untuk silahturahmi dan sharing tentang pengalaman selama menangani pasien.

Bekasi Hipnoterapi Senter hanya terdiri dari 2 orang terapis laki - laki dan 2 orang lagi terapis perempuan. Dua orang laki laki itu adalah seorang dokter muda dan saya, dua orang perempuan yang satu background pendidikannya adalah Psikologi dan yang satu adalah praktisi EFT.

Dokter muda ini yang sekaligus praktisi hipnoterapi langsung menceritakan pengalamannya menterapi pasien yang baru saja selesai ia tangani. Etika dalam hipnoterapi nama pasien akan saya samarkan namun umur dan kasusnya saya akan paparkan dengan jelas.

Sebut saja namanya Riyan berumur 30 tahun, ia datang bersama dengan keluarga. sudah berumur 30 tahun Riyan berdiam diri dirumah dan tidak mau bersosialisasi dengan lingkungan, selain itu juga riyan tidak percaya diri untuk bergabung ditengah tengah masyarakat " Ujar praktisi hipnoterapi (dokter muda) ". kepada saya sebagai pendengar.

Saat berdialog dengan saya riyan mengatakan " Saya kepengen sembuh, apapun saya akan lakukan untuk kesembuhan saya ". Akhirnya saya pun langsung mengajak riyan berdialog sekaligus mencari informasi tentang masa lalunya " Ujar Terapis (Dokter muda) " kepada saya.

dari hasil dialog dan analisis saya, ternyata permasalah riyan sekarang ini muncul dikarenakan kejadian pada saat di SMA nya dahulu.

Riyan masuk kesekolah Menengah Atas dengan Mayoritas Muslim, riyan adalah seorang nasrani. semasa sekolahnya ia sering mendapatkan perlakuan yang membuatnya malu didepan banyak orang, dari teman temannya riyan disuruh mengucapkan Salam kepada teman teman yang muslim, ketika riyan mengucapkan salam teman temannya malah menertawakan dan mengatakan " Kamu kan bukan muslim ".

Bukan hanya itu saja, riyan disuruh memakai baju kokoh pada hari tertentu, ketika riyan memakai baju kokoh ditertawakan kembali dengan temanya dan dengan perkataan yang sama " Kamu kan bukan Muslim ". ujar Terapis (Dokter Muda) kepada saya.

Karena seringnya riyan mendapatkan perlakuan yang membuat dirinya malu, sampai sampai riyan tidak berani untuk masuk kesekolah, bahkan riyan mau masuk kesekolah jika gurunya menyusul didepan pintu gerbang dan mengantarkan riyan ke kelas.

Dan dampak dari bullying disekolah itu, riyan yang sudah berumur 30 tahun takut kerja, takut keluar rumah dan bersosialisasi dengan banyak orang. Ketika Terapis (dokter muda) ini mengecek kesehatan pasien ternyata dari trauma ini, riyan juga terkena gangguan pada saraf otaknya sehingga teman saya ini merujuk untuk segera diperiksa dan coba ke psikiatri, sekaligus dibantu dengan team Bekasi Hipnoterapi Senter.

Sampai saat ini, Riyan masih dalam awasan Pihak Bekasi Hipnoterapi Senter. 

Bukan bermaksud untuk menjelek jelekan satu agama, namun saya hanya ingin menunjukkan bahwa dampak bullying disekolah terus menerus bisa berakibat fatal, Mari jadi manusia yang bijak, buat apa membuli kalau bisa menasehati.



About Afrizal

10 comments:

  1. Ini budaya yg sudah mengakar di masyarakat kita. Di sekolah fungsi guru BK sebenernya harus berjalan dengan baik

    ReplyDelete
  2. Terkadang bully tidak bisa hilang, tidak saja dunia nyata tapi marak di dunia maya. Harus bisa menahan diri.

    salam,
    kidalnarsis.com

    ReplyDelete
  3. Memang bully itu efeknya jangka panjang. Kasihan lihatnya.

    ReplyDelete
  4. Mengerikan sekali bullying ini. Aku malah khawatir secara nggak sengaja pernah ngebully orang lain.... Bisa aja kan maksud hati bercanda tapi diterimanya beda :-(

    ReplyDelete
  5. oh my...
    aku sering banyak dapat cerita kasus kayak gini :(

    memang salah satu penyebab gangguan mental adalah trauma yang tidak diatasi dengan baik. sayangnya masih banyak yang belum berani untuk mencari pertolongan profesional sehingga tidak teratasi dengan baik

    ReplyDelete
  6. Bullying emang jahat ya..
    Duh apalagi skrg malah arak cyber bullying

    ReplyDelete
  7. buli itu menyebalkan dan harus diperangi
    semoga gak ada bulibulian lagi di manapun

    ReplyDelete
  8. Subhanallah... Ternyata efek bullying itu begitu besar, orang yg membully pastinya tidak pernah sadar akan efeknya. Niatnya cuma buat main-main

    ReplyDelete
  9. Ngeri sekali...
    Jadi inget film X-Man. Karena kita sendiri yang menciptakan penjahat-penjahat itu

    ReplyDelete
  10. saya juga pernah ngalamin di bully waktu sd..untung bully nya bully ringan..tapi tetep aja yang namanya bully tidak dibenarkan. soalnya efeknya emang jangka panjang ya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1