Travelling

Travelling : Belajar menjadi Fasilitator Camp bersama BPI


Travelling kali ini sedikit berbeda, biasanya jika Travelling hanya memikirkan bagaimana caranya saya selamat dalam perjalanan menuju tempat yang dituju dan sesampai disana bagaiaman caranya mendapatkan tempat foto yang asik.

Kali ini saya harus memikirkan bagaimana caranya 7 motor selamat sampai tujuan tanpa ada kendala sedikit pun, dan saya pun harus berpikir bagaiaman membuat permainan pada saat sampai tempat yang di tuju  dengan menggunakan tools tools yang ada.

Puntang Kabupaten Bandung menjadi tempat acara Camp Organisasi BPI (Barisan Pemuda Ikhlas). Berangkat dari jalan Sukanegla Antapani pukul 02.15 dalam keadaan mendung cukup parah.


Usai doa bersama, semua rombongan pun menghidupkan mesin motor dan perlahan menarik gas dengan rapih, berbaris bak layaknya seperti pasukan yang siap menaklukkan Puntang.

Dalam perjalanan motor yang didepan memang ditunjuk sebagai leader untuk menuntun jalannya touring agar selamat sampai tujuan, motor yang berada di paling belakang memang bertugas mengawasi semua orang. Leader dengan Motor belakang selalu berkomunikasi dengan menggunakan HT untuk mengecek apakah rombongan ada yang tertinggal.

Saya berada dibarisan ke 4 untuk menjaga perempuan yang berada didepan saya. Karena peraturannya adalah tidak boleh saling mendahulukan, jadi dari mulai pemberangkatan sampai tempat ketujuan diusahakan posisi tidak berubah.

Tempat pemberhentian pertama kami di pom bensin kiaracondong untuk mengisi bensi full teng semua motor, dan saat itupun hujan deras mengguyur perjalanan kami, karena memang sudah prepare jas hujan sebelum pemberangkatan, jadi tak ada kendala untuk melanjutkan perjalanan walaupun hujan cukup deras.

Perjalanan kami tempuh kurang lebih 2 jam. Pukul 17.00 WIB saya dan rombonganpun sampai Perkemahan Puntang, berhenti sejenak untuk melaksanakan Sholat Ashar sebelum naik keatas tempat perkemahan.

Saat sampai di lahan perkemahan, hujan rintik rintik pun menyambut dan kami pun bergegas memasang tenda, saat sampai disana sudah cukup banyak rombongan yang mendirikan tenda, mulai dari anak Sekolah, Mahasiswa/i sampai dengan Corporate.

Malam hari sekitar pukul 20.00 WIB acara pun dimulai dengan Sharing-Sharing Anggota selama bergabung di BPI.

Acara Sharing sampai dengan 23.00 WIB, karena esok pagi cukup padat acaranya, jadi semua anggota dipersilakan untuk istirahat.

06.30 WIB setelah sarapan dan istirahat sejenak, acarapun dimulai dengan senam, selagi mereka senam, saya mempersiapkan games games untuk mereka. Dan Alhamdulillah Allah memudahkan saya untuk membuat games dengan alat alat seadanya. 

Tiga Game yang berhasil dibuat antaranya :

1. Mengenal Aku :

Game ini saya buat memang tujuannya untuk mengenal lebih dalam para anggota. Permainannya simpel, saya meminta setiap anggota untuk mengenalkan dirinya mulai dari nama, berat badan, umur, kesukaanya. Setelah mengenal satu sama lain, para peserta saya minta untuk mengikuti instruksi dari saya seperti " saya ingin buat barisan sesuai dengan dari umur yang termuda sampai dengan yang tertua ", terkadang saya pun meminta mengurutkan dari berat badan hehe..

2. Selamatkan Aku :

Game ini dibuat untuk melatih kekompakan anggota, dengan menyeberangi anggotanya dari wilayah A ke wilayah B dengan tali sebagai rintangannya, untuk bisa lebih pahan tentang permainan ini saya menyertakan video singkatnya dibawah

3. Isi Air di Botol :

Saya memberikan Instruksi " Botol jangan sampai terangkat dari tanah, dan jangan sampai lebih dari 5 langkah dari sumber air ", Saya meminta para peserta untuk memikirkan tekniknya, Kelompok Laki-Laki melawan Kelompok Perempuan, dalam hal ini tidak bukan sedikit atau banyaknya yang menang, namun teknik yang mereka pakailah yang akan menang, simak video singkatnya dibawah ini







Begitulah keseruan saya bersama teman teman BPI, semoga puas ya dengan pelayanan saya sebagai fasilitator.

Baca Juga : Travelling  Ke Malaysia 


About Afrizal

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1