parenting

Belajar Parenting ! Pentingnya Kesehatan dan Kebahagiaan Dalam Tumbuh Kembang Anak



Belajar Parenting bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan yang pokok bagi para orang tua zaman sekarang. Kenapa ? Karena pola asuh anak zaman dulu dengan sekarang sudah tidak bisa disamakan. Sebagai orang tua mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman dalam mendidik atau mengasuh anak.

Elizabeth Santosa Seorang Psikolog terkemuka bersama beberapa peneliti lainnya mengatakan dan memaparkan hasil risetnya kepada para audiens dalam acara Grow Happy bahwa " Hampir sebagian orang tua di indonesia hanya memberikan kesenangan bukan kebahagian ".

Kesenangan dan kebahagian tidak bisa disamakan loh ya, Kesenangan itu sifatnya sementara. Sebagai contoh " Ketika anak menangis ingin minta dibelikan Hp, orang tua meneruti. Selanjutnya anak lebih dibiarkan bermain Hp cukup lama ketimbang ngombrol dengan orang tuanya ". Sedangkan kalau kebagaiaan itu berjangka panjang dan berdampak kepada psikologi anak " Ujar Elizabeth kepada para audiens yang hadir dalam acara Grow Happy Bersama LACTROGROW " Selasa, 9/04/2019, Bandung.

Lantas Bagaiaman caranya memberikan anak Kebahagiaan ? 

1. Mulailah bermain dengan anak (pada intinya, sebagai orang tua jangan terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan, luangkan waktu untuk bermain bersama anak). Donna Mathews.,Ph.D mengatakan dalam penelitiannya, bermain bersama anak diluar rumah bisa meningkatkan kebahagian bagi anak, selain itu juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif melalui eksplorasi dan kreativitas pada anak.

2. Mulailah bertanya kepada anak "Ada kabar baik apa hari ini " !

Memang terlihat sepele dalam hal ini, tapi taukah anda, bertanya " Ada kabar baik apa hari ini " tanpa sadar melatih anak untuk selalu bersyukur atas apa yang didapat selama satu hari diluar rumah, dan hal ini juga melatih anak untuk selalu berbicara hal hal positif. So.....jadi, mulai sekarang ketika anak pulang sekolah, stop jangan bertanya ada PR dan bagaimana pelajar sekolah tadi.

3. Berikan cinta tanpa syarat

Mulailah dari sekarang berikan cinta tanpa syarat, berikan cinta kepada anak benar - benar tulus tanpa ada embel-embel dibelakangnya. Jika anak melalukan kesalahan cobalah jangan langsung memarahinya, Jika cinta pastinya tidak akan tega memarahi orang yang dicintainya. Tegurlah Lemah lembut dan berikan contoh yang benar kepada anak agar tidak melakukan kesalahan kedua kalinya. yang perlu diingat, anak akan selalu memodeling orang tuanya, jika orang tuanya membesarkan anak dengan selalu memarahinya, bersiaplah ! suatu saat anak akan tumbuh menjadi orang anak yang selalu pemarah. Jadi....mulailah dari sekarang berikan cinta tanpa syarat.

Dalam acara Grow Happy Dokter Ariani pun ikut berbicara dan memaparkan bahwa, untuk tumbuh kembang anak yang baik bukan hanya dari kebahagian, namun ada aspek yang tidak bisa dipisahkan yakni " KESEHATAN ".

Kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Oleh karena itu penting bagi para orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi anak bergizi dan seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik. Diantara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah diuji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh. Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui susu atau makanan yang difermentasi seperti tempet dan yoghurt" Ujar Dokter Ariani kepada peserta ".

Selain tempe dan yoghurt untuk bisa mendapat Lactobacillus reuteri, Nestle LACTROGROW bisa menjadi pilihan untuk anak. karena dalan Nestle Lactogrow sudah mengandung (Lactobacillus reuteri, Omega 6, Omega 3, Minyak Ikan, 12 Vitamin dan 7 mineral).



About Afrizal

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1