Hypnotherapy

Induction dalam hipnosis



Di artikel kali ini tingkat kesulitannya lebih tinggi dari pada artikel sebelumnya yang menjelaskan " Pre Induction pada Hipnosis " Bagi anda yang belum membaca artikel " Pre Induction pada Hipnosis " saya menyarankan untuk membaca terlebih dahulu agar tidak bingung saat membaca artikel ini.

Induction atau Induksi adalah sebuah cara atau metode untuk memasukan seseorang dalam kondisi hipnosis secara nyata. setelah Pre-Induction anda lolos dan suyet (klien) mau dimasukan kekondisi hipnosis, induksi inilah alatnya untuk membawa suyet masuk kedalam kondisi hipnosis.

Apakah ada caranya induksi ? Pastinya ada, banyak cara dan metode dalam induksi, mulai dari relaksasi yang memakan waktu cukup lama sampai dengan cepat (teknik kejutan). Yang anda harus pahami, teknik cepat atau kejutan hanya digunakan untuk permainan panggung seperti rommy rafael dan sebagainya. 

Kenapa ?

Karena dalam pentas hipnosis panggung praktisi hipnosis dituntut harus cepat dan tidak membosankan dalam bermain hipnosis. Untuk mempelajari kondisi hipnosis cepat (teknik kejutan) anda bisa lihat di youtube. Kunci teknik kejutan adalah Yakin, kalau anda tidak yakin dalam teknik cepat ini dapat dipastikan gagal. Memang teknik kejutan harus ada beberapa yang anda pelajari dari suyet (klien) akan tetapi saya tidak menjelaskan teknik cepat ini, yang saya akan ajarkan adalah teknik relaksasi yang di pakai dalam ruang terapis.

Saya sering memakai teknik ini jika mengahadapi suyet yang kritis banget, teknik ini cukup ampuh untuk menjebol faktor kritis sadarnya. Berikut ini saya akan berikan SCRIPT nya, dan silakan di cerna dengan baik maksud dari script ini, yang anda harus pelajari adalah intonasi suarasa yang naik turun seolah.

INDUCTION SCRIPT

===================================================
“ Sekarang saya akan memandu anda untuk melakukan relaksasi…

Ambil posisi yang menurut anda paling nyaman bagi anda sekarang….bagus..seperti itu…sekarang tarik nafas yang panjang dari hidung dan keluarkan dari mulut…bagus sekali…lakukan sebanyak 3x…

bagus sekali..

sekarang tutup mata anda..

bagus sekali…

Terimakasih anda sudah mau bekerja sama dengan saya…anda adalah pribadi yang ingin mempunyai perubahan dalam hidup anda…anda pribadi yang tangguh..

Tarik nafas yang dalam….hembuskan perlahan-lahan…bayangkan udara yang disekitar anda menjadi warna favorit anda..

Setiap anda menarik nafas yang dalam maka secara otomatis udara yang menjadi warna kesukaan anda masuk kedalam tubuh anda dan menyatuk dengan tubuh anda..

Rasakan..setiap anda menarik nafas dalam dari hidung…anda menarik kedamaian , kasih saying, keindahan..dan kenyamanan…”Berkatalah pada diri sendiri….aku semakin rileks…dan rasakan bahwa diri anda semakin rileks dan semakin nyaman….

Jika anda sempat melupakan satu atau beberapa hal….biarka saja…kini anda dapat memikirkannya kembali secara bersama…

Dan saya ingin tahu…..,apakah anda juga dapat merasakan suara music yang ada ditempat ini ( gunakan objek lain bila tidak ada musik )….yang membuat anda semakin rileks….

Juga suhu ruangan disini….yang membuat anda semakin rileks dan semakin nyaman….

Nafas anda yang semakin teratur…kepala anda semakin berat….suara saya yang membimbing anda…

Membayangkan melihat diri anda sendiri yang sedang rileks ditempat ini….kondisi kaki anda yang semakin nyaman…suara musik yang mengiringi  kenyamanan anda….dan suhu ruangan ini….

Sekarang lengan anda yang semakin rileks dan semakin nyaman sehingga lengan anda malas untuk digerakkan .

Sekarang saya ingin tahu apakah anda menyadari bagaimana sensasi yang timbul dalam kelopak mata anda….

Sadari dibagian tersebut..sambil memikirkan semua hal yang lainya…

Nafas anda yang semakin teratur…

kepala anda yang semakin berat….

Suara saya yang membeimbing anda…membayangkan melihat diri anda sendiri yang sedang rileks ditempat ini…kondisi kaki anda yang semakin nyaman…suara musik yang mengiringi kenyamanan anda….suhu ruangan ini…lengan anda yang semakin malas untuk digerakan…dan mata anda….

Ketika seseorang sedang berfikir tentang banyak hal, sebenarnya yang dilakukan adalah memikirkan satu per satu hal tersebut dengan sangat cepat…sangat cepat…seolah-olah memikirkanya sekaligus dalam waktu yang bersamaan..

Itulah sebabnya beberapa orang hanya bisa memikirkan beberapa hal saja….saya ingin tahu seberapa baik anda mampu memikirkan semua hal sekaligus..mulai dari kaki.. tangan.. kepala..yang rileks dan nyaman..

Nafas anda yang semakin teratur…kepala anda yang semakin berat…suara saya yang membimbing anda…membayangkan diri anda sendiri yang sedang rileks di tempat ini…..

Kondisi kaki anda yang semakin nyaman…suara musik yang mengiringi kenyamanan anda…suhu ruangan  ini….lengan anda yang semakin malas untuk digerakkan…dan mata anda..

Dan anda sekarang menyadari…bahwa anda bisa merasakan lebih nyaman lagi….apabila anda memikirkan satu hal saja…dan memusatkan perhatian hanya kepada satu hal saja..

Sekarang biarkan diri anda memikirkan satu hal saja…hal tersebut ialah BETAPA NYAMAN MEMIKIRKAN SATU HAL SAJA..memikirkan betapa nyamanya diri anda…betapa itu anda semakin rileks dan nyaman.

Mengistirahatkan fikiran anda…dan diri anda…tidak perlu memikirkan apapun sama sekalli..tidak perlu melakukan apapun…kecuali rileks….dan santai semakin dalam….

==========================================================

Sebenarnya maksud dari script relaksasi diatas bertujuan untuk membuat seseorang malas menggunakan faktor kritis karena suyet (klien) disuruh untuk memikirkan 9 hal dalam satu waktu. Saran dari saya adalah coba pelajari lagi lebih dalam sricpt yang saya berikan, pahami benar-benar sampai anda menguasai intonasi yang enak didengar oleh (suyet). 

INGAT...ketika anda sedang membacakan script jangan ada kata " Eeu " atau bingung harus mengeluarkan kalimat apalagi, karena itu bisa mengganggu konsentrasi suyet (Klien).

SELAMAT MENCOBA !!!

Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar, insya allah akan saya balas


Baca Selanjutnya : Deepening dalam hipnosis

About Afrizal

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1