Liputan Acara

Travelling : Berkunjung ke Kampung Wisata Quran " Syamil Quran "

Gambar : www.sosokitu.com

Perjalanan saya kali ini bisa dibilang lebih berfaedah ketimbang perjalanan sebelemunya, loh kok bisa?Iya... karena perjalanan saya kali ini bukan hanya mendapatkan kesenangan (kepuasan hati), pengetahuan melainkan mendapatkan energi baru untuk ruh.

Berkunjung ke Kampung Wisata Quran " Syamil Quran " ! Saya percaya dialam semesta ini tidak ada sesuatu hal yang terjadi kebetulan, semuanya sudah di skenariokan oleh sang pembuat skenario terhebat di jaga raya (Robbul Izzati). Patut disyukuri dan bisa dibilang ini suatu arahan yang luar biasa untuk diri saya pribadi khususnya.

Dari sekian banyak tempat yang keren, dan dari sekian banyak arah jalan untuk menuju ketempat-tempat indah, tapi roda berputar menyetuh aspal dituntun (digerakkan) menuju Kampung Wisata Quran miliknya perusahaan percetakan Quran terbesar di Indonesia yaitu " Syaamil Quran "

Dari mulai pemilihan kertas untuk Quran, pemilihan Lem, pemilihan sampul quran, semuanya harus halal.

Melihat proses pembuatan Quran dari mulai hanya selembar kertas yang kosong, selanjutnya kertas di print dengan tulisan tulisan Quran yang sebelumnya sudah dibuat dan disusun sedemikian rapih di didalam komputer, setelah print atau cetakan huruf quran selesai tahap berikutnya adalah pengecekkan huruf apakah ada yang salah dalam pembuatan huruf ataukah ada yang kurang tanda bacanya. Hebatnya pengecekkan ini dilakukan secara manual dengan SDM yang memang sudah paham dengan isi Al-Quran.

Setelah pengecekkan huruf satu persatu, selanjutnya kertas akan di bawa kemesen lipat dengan tujuan agar kertas yang lebar itu bisa mengikuti ukuran sesuai dengan apa yang sudah disepakati.

Sebenarnya prosesnya cukup panjang banget, belum lagi proses penyusunan juz demi Juz, dan itu digunakan oleh mesin yang cukup canggih. 

Percetakan Quran "Syaamil Quran "


Jika kalian penasaran dan ingin mengetahui proses pembuatan Quran dari awal sampai akhir, silakan datang ke alamat Jl. Babakan Sari I/ No. 71 Kiaracondong Bandung Phone (022) 7208298 

Kampung Wisata Quran ini mulai dibuka dari tahun 2014-2015 dan sampai sekarang sudah banyak dikunjungi rombongan rombongan dari luar bandung bahkan dari luar provinsi. Untuk reservasi jika rombongan mau berkunjung di sarankan 2 bulan sebeleumnya, karena untuk dua bulan kedepan jadwal Kunjungan ke Kampung Wisata Quran sudah full. Wajar, karena Kampung Wisata Quran hanya dibuka pada hari Rabu dan Kamis saja.

Oke...kita balik lagi ke cerita jalan jalan di Kampung Wisata Quran....!

Pada saat saya masuk ke pintu gerbang ada sebuah banner yang bertulisan program Kampung Wisata Quran :

1. Lingkungan Cinta Quran
2. Kampung Bebas Buta Huruf Al quran
3. Hafidz Quran disetiap Keluarga

Pada saat saya bertanya maksud dari program kerja ini, salah satu karyawan Syaamil Quran menceritakan, Bahwa Syaamil Quran sekarang bekerja sama dengan wilayah Kecamatan Kiaracondong untuk mewujudkan visi dan misi Kecamatan Kiaracondong sebagai " Kiaracondong Agamis " dan inipun akan berkaitan dengan " Kiaracondong Wisata Halal ".

Mungkin kalian yang membaca ada pertanyaan, kenapa hanya Kiaracondong ? Jawabanya simpel, ya karena memang Syaamil Quran tempat pusat bisnisnya di kecamatan Kiaracondong.

Bukan hanya Ibu Rina Dewi Yanti sebai camat Kecamatan Kiaracondong saja yang mensupport " Kampung Wisata Quran " Wali Kota Bandung " Bapak Yana Mulyana " pun mensupport adanya Kampung Wisata Quran. 

Wali Kota Bandung berharap dengan adanya Kampung Wisata Quran ini bisa berdampang positif bagi warga bandung, sehingga warga bandung pun memiliki akhlak yang baik sesuai dengan tuntunan Al-Quran (Ungkap Salah satu Karyawan Syaamil Quran) yang menceritakan kepada saya.

Kunjungan yang banyak sekali manfaatnya..Semoga lain waktu saya bisa kesana kembali dengan waktu yang lebih lama untuk melihat proses pembuatan Quran sampai detail.





About Afrizal

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1