Motivasi

Belajar bisnis dari Tegar Pranata, GM Siliwangi Bolu Kukus



Belum lama ini saya pun di pertemukan kembali dengan seseorang yang bisa dibilang cukup hebat dalam menjalankan bisnisnya. kepandaian beliau dalam mengengolah bisnis dan Sumber daya membuat bisnis yang dijalankan berkembang dengan baik. 

Belajar Bisnis dari Tegar Pranata ! Judul tersebut saya tulis setelah sempat mewawancarai orang yang bersangkutan dalam acara " Pelatihan Product Photography by Smart Phone ".

Pak Tegar Pranata atau yang sering dipanggil pak tegar menjabat sebagai General Manager dari " Siliwangi Bolu Kukus ".

Dalam ngobrol singkat ada beberapa pertanyaan yang saya lontarkan :

1.  Apa yang membuat Pak tegar memilih bisnis kuliner ini (Siliwangi Bolu Kukus)?

" Kecintaan saya kepada dunia kuliner yang membuat saya memutuskan untuk menjalankan bisnis ini, dahulu pun saya pernah bekerja dalam lingkup kuliner juga, jadi sekarang ini saya menjalankan sesuatu yang saya suka. Bukannya menjalankan sesuatu yang kita sukai terus dibayar suatu hal yang menyenangkan(Ucap Pak Tegar berdiri didepan saya sambil bersandar di dinding dengan santai ) " ?.

2. Yang namanya bisnis pasti akan selalu ada suka dan dukanya, bisa diceritakan dukanya dalam menjalankan bisnisnya (Ucap saya kembali kepada pak Tegar sambil menyodorkan smartphone yang sudah dijalankan recorder) ?

" Pastinya sangat banyak sekali, semua pelaku pembisnis punya masalah sendiri dan pastinya punca cara sendiri juga untuk menyelesaikan masalah.

3. Boleh saya tau bagaimana cara atau rumus pak tegar untuk mengegolah team yang solid ?

" Yang pertama Komunikasi, Yang kedua Komunikasi dan yang ketiga Komunikasi ! Segala sesuatu harus dikomunikasikan agar tidak ada kesalah pahaman dalam team. Dengan komunikasi masalah yang terlihat besar akan segera diselesaikan dengan bersama. Yang namanya Komunikasi dalam bisnis itu sangat penting sekali.

4. Boleh sharing untuk yang lainnya pak, bagaiaman menjalankan bisnis itu?

" Yang pertama adalah Passion ! lakukan itu dengan cinta dan suka, karena jika suatu pekerjaan dilakukan dengan cinta maka secapek apapun itu kita tidak akan pernah ngeluh yang ada " bagaimana caranya bisnis ini akan maju bareng dengan team 

Yang kedua adalah jangan pernah mengeluh ! dalam berbisnis apalagi bisnisnya baru dimulai pasti akan selalu menekan mental. Hanya mental kuat yang tidak pernah mengeluh lah yang akan maju bisnisnya. Mereka yang akan selalu menerima dan menikmati prosesnya yang akan mendapatkan hasil terbaik dikemudian hari, Sayapun menjalankan bisnis " Siliwangi Bolu kukus " ini sangat berat sekali jalannya, cape, kurang tidur dan sebagainya.

Dan yang ketiga yang harus diingat dalam menjalankan bisnis adalah Terus belajar dari manapun dan siapapun.

Saya dan team khususnya selalu belajar bagaimana membuat Siliwangi Bolu Kukus ini diterima oleh masyarakat, disukai rasanya dan menang dengan kompetitor ?

Saya Yakin dan sangat yakin, kalau Siliwangi Bolu kukus ini akan diterima, dan berbeda dengan kompetitor lainnya ! Kenapa ?

A. Siliwangi Bolu kukus dibuat sangat sangat higienis, dari mulai pemasukan bahan baku, pengadonan sampai packagingnya pun saya dan team mengusakan sangat sangat higienis, maka dari itu tagline Siliwangi Bolu Kukus adalah Lebih Higienis, Lebih Murah, Lebih Istimewa.

B. Dari segi Harga, Kami lebih murah dari beberapa kompetitor yang cukup terkenal! cukup Rp.27.500 Orang sudah bisa merasakan satu dari delapan rasa yang tersedia seperti ( Alpukat mentega, Ketan kelapa, Strawberry, Kopi Bogor, Brownies coklat, Ubi Cilembu, Talas Bogor dan Susu lembang).

C. Kami berusaha bagaimana fast response kepada setiap pelanggan. pelayanan terbaik kami coba untuk melayani pelanggan.

5. Lalu bagaimana caranya mengenalkan produk Pak tegar kepada banyak orang ?

" Untuk saat ini kami akan mencoba memberikan promo-promo terbaik yang bisa menarik para pelangga, minimal mereka penasaran dengan apa yang kami tawarkan.

Untuk tanggal 25 Januari 2020, Siliwangi Bolu Kukus memberikan Promo Buy 1 Get 2 . Jadi dengan mengeluarkan uang Rp. 27.500 sudah bisa membawa pulang 3 box Siliwangi Bolu kukus dengan rasa yang diinginkan. dan ini kami menyediakan untuk 1.000 orang yang bertempat di Store Moch Toha No.145

Suasana Promo buy 1 get 2 di store Moch.Toha , 25 Jauari 2020


Tanggal 26 sampai dengan 31 Januari 2020, promo tetap ada, akan tetapi tidak sama dengan promo sebelumnya. jika sebelumnya Promo Buy 1 Get 2 box, di promo 26 smapai tanggal 31 januari beli 2 box dapat gratis 1 box. 

Promo-promo ini akan selalu kami adakan untuk menarik perhatian para calon pelanggan. Dengan ini saya dan team berharap Siliwangi Bolu Kukus bisa menjadi ciri khas oleh-oleh bumi pasundan, jadi jika para pelancong berlibur ke bumi pasundan yang mereka cari untuk oleh-oleh adalah Siliwangi Bolu kukus (Ucap Pak tegar). 

Bagaiman dengan kalian yang sudah baca artikel ini ? MAU untuk mengikuti tips yang diberikan pak tegar? 

SILAKAN MENCOBANYA !!!...

SEMOGA BERHASIL YA....!!!


About Afrizal

0 comments:

Post a comment

Powered by Blogger.
/*### Code atau Tracking ID Google Analytic###*/ UA-78190159-1